2013/03/02

Contoh Bacaan Bahasa Arab 4


Postingan di bawah ini merupakan contoh bacaan bahasa Arab dasar 4 yang berjudul “Keseharian Umar”, semoga kalian bisa mempelajari dan memahami teks bacaan bahasa Arab dasar di bawah ini dengan cepat.

يَوْمِيَّةَ عُمَرَ...
اِسْتَيْقَظَ عُمَرُ مِنَ النَّوْمِ مُبَكِّرًا ثُمَّ تَوَضَّأَ وَصَلَّى الصُّبْحَ. تَنَاوَلَ عُمَرُ الْفُطُوْرَ, أَكَلَ فِيْ الْفُطُوْرَ الْبَيْضَ وَشَرِبَ الشّاَيَ ثُمًّ حَمِلَ حَقِيْبَةَ الْجَامِعَةِ وَخَرَجَ إِلَى الشَّارِعَ. اِنْتَظَرَ الْحَافِلَةَ قَلِيْلًا, وَعِنْدَمَا وَصَلَتِ الْحَافِلَةُ ركَبَهَا سَرِيْعًا.
وَقَفَتِ الْحَافِلَةُ أَمَامَ الْجَامِعَةِ, نَزَلَ عُمَرُ وَأَسْرَعَ إِلَى الْفَصْلِ, فَتَحَ الْبَابَ, الْمُدَرِّسُ مَوْجُوْدٌ فِيْ الْفَصْلِ سَأَلَهُ الْمُدَرِّسُ: لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ يَا عُمَرُ؟ أَجَابَ عُمَرُ: آسِفْ يَا أُسْتَاذُ, تَأَخَّرَتِ الْحَافِلَةُ لِأَنَّ الشَّارِعَ مُزْدَحِمٌ

Keseharian Umar...
Umar bangun dari tidur pagi-pagi sekali kemudian dia berwudhu dan sholat subuh. Umar makan pagi, dia makan telur dan minum teh pada waktu makan pagi kemudian dia membawa tas kuliah dan keluar ke jalan. Dia menunggu kendaraan (tumpangan)  sebentar, dan ketika kenderaan sudah sampai dan kenderaan itu melaju dengan cepat.
Kendaraan itu berhenti di depan universitas, Umar turun dan bersegera ke kelas, guru sudah ada di dalam kelas dan menanyakan Umar: Kenapa terlambat? Umar menjawab: Maaf Ustad, kendaraan terlambat karena jalannya macet”.

Daftar Kosa Kata Baru

Bahasa Arab
Arti
Bahasa Arab
Arti
يَوْمِيَّةٌ
Keseharian
شَرِبَ-يَشْرَبُ
Minum
مُبَكِّراً
Pagi-pagi
الشَّايُ
Teh
تَوَضَّأَ-يَتَوَضَّأُ
Berwudhu
حَمِلَ-يَحْمَلُ
Membawa
صَلَّى
Shalat
الشَّارِعُ
Jalan
تّنّاوّلّ الْفُطُوْرَ
Makan Pagi
اِنْتَظَرَ-يَنْتَظِرُ
Menunggu
آكَلَ-يَأْكُلُ
Maka
قَلِيْلًا
Sebentar
الْبَيْضَ
Telur
الْحَافِلَةُ
Kendaraan/Tumpangan
رَكَبَ-يَرْكَبُ
Mengendarai/Melaju
سَرِيْعًا
Cepat
وَقَفَ-يَقِفُ
Berhenti
نَزَلَ-يَنْزِلُ
Turun
أَسْرَعَ-يُسْرِعُ
Bersegera
الْمُدَرِّسُ
Guru
مَوْجُوْدٌ
Ada/Terdapat
سَأَلَ-يَسْأَلُ
Bertanya
تَأَخَّرَ-يَتَأَخَّرُ
Terlambat
آسِفٌ
Maaf/Sayang
مُزْدَحِمٌ
Macet
أَجَابَ-يُجِيْبُ
Menjawab

Bacaan bahasa Arab dasar di atas sangat bagus bagi pemula yang baru belajar bahasa Arab, di samping di susun dengan bahasa arab sederhana dan dasar, juga karena pemilihan kata-kata yang mudah sehingga memudahkan pelajar pemula untuk memahaminya. Kami menganjurkan agar tiap-tiap kosa kata baru yang kawan-kawan temukan dari awal, harap dihafal dan betul-betul diingat, jangan sampai lupa, karena pemilihan kata-kata tahap selanjutnya akan lebih dinaikkan levelnya.

Demikian postingan pada kesempatan kali ini, semoga contoh bacaan bahasa Arab dasar di atas dapat kawan-kawan pahami dan bermanfaat bagi semuanya.... Amin.

Sukses bagi mereka yang mau berusaha!

1 komentar :